Set Fire To The Rain (Adele)

Sabtu, 14 November 2009

KANKER SERVIKS VS NYAWA WANITA

Setiap satu jam wanita Indonesia meninggal dunia, setiap empat menit di Asia Pasifik satu wanita meninggal, dan dua menit sekali wanita dunia meninggal karena kanker serviks.
Wanita Indonesia yang beresiko menderita kanker serviks pada usia 10-14 tahun mencapai sekitar 10 juta wanita sedangkan pada usia 15-61 tahun mencapai 58 jupa wanita mengalami kasus yang sama (kanker serviks).
Kanker serviks (cervical cancer) atau penyakit kanker leher rahim merupakan kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk kearah rahim yang terletak antara uterus (rahim) dengan vagina.
Penyebab kanker serviks antara lain disebabkan oleh virus yang disebut Human Papiloma Virus (HPV). Virus ini menyebar melalui kontak seksual, virus HPV dapat menyerang semua wanita tanta melihat umur maupun gaya hidup. Hanyalah wanita yang berdaya tahan tubuh yang baik yang mampu melawan virus HPV dengan sendirinya.
Di Indonesia, kanker serviks adalah kanker pembunuh perempuan no 1 tertinggi di Indonesia saat ini.
Kanker serviks dapat menyerang semua wanita terutama mereka yang:
- merokok
- melahirkan banyak anak
- memakai alat kontrasepsi pil dalam jangka waktu lama
- serta mereka yang terinfeksi HIV Aids.
Cara mengatasi kanker serviks, kanker serviks ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak normal, sebelumnya sel-sel tersebut mengalami perubahan yang memakan waktu bertahun-tahun. Sel-sel yang tidak normal itu dapat dideteksi dengan suatu tes yang disebut "pop smear test".
Kanker serviks memiliki gejala misalnya pendarahan vagina setelah aktivitas seksual atau diantara menstrulasi, tanda-tanda lainnya yang timbul antara lain:
1- keluarnya feaces menyertai uirin melalui vagina
2- hilangnya nafsu makan dan berat badan
3- nyeri tulang panggul dan tulang belakang
4- nyeri pada anggota gerak (kaki)
5- terjadi pembengkakan pada area kaki.
Kanker serviks ini dapat dicegah yaitu degan cara vaksinasi yang diberikan pada remaja putri dan perempuan dewasa.
Vaksin ini sendiri diresmikan hak ciptanya pada tahun 2006 yang pengembangannya dari perusahaan obat terbesar didunia yang terletak di Amerika Serikat (Merck & Co., Inc.).
Vaksin ini diberi nama Gardasi, vaksin ini juga di akui WHO sangat efektif mencegah HPV tipe 6 dan 11 yang menyebabkan hampir 90% dari semua jenis kanker leher rahim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar